Untuk sahabat Terbaiku "Penulis buku yang Dianugerahi Rekor Muri"

saya di  Depan Fakultas Komunikasi ini brother, bersama buku Ajaib tersebut,, selalu saya bawa. jika bosan saya selalu melepaskan dengan buku ajaib ini

            Untuk sahabat Terbaiku                                                       Russia,30 Maret 2014
            Muhammad Nur (NOE)       
Di
            Indonesia, Tanah Pilih Pusako Batuah-Jambi

            Assalamualaikum WR.WB..

            Saya dalam keadaan baik dan sehat Brother, mohon maaf Jika telat dalam memberitahukan kedatangan buku AJAIB ini, saya sedang Ujian brother, dan Alhamdulillah baru saja selesai pada tanggal 29 Maret 2014, Hal yang saya nanti dua minggu akhirnya datang pada tanggal 27 ketika saya pulang dari Kampus, Satpam memberikan sebuah Amplop Besar yang bertuliskan Pos Indonesia. dan Saya langsung menebak “BUKU AJAIB SUDAH DATANG”. Betapa Bahagianya saya mendapat kiriman ini, sehingga membuat saya  salah masuk kamar karena memperhatikan terus amplop berisikan sesuatu yang tebal didalamnya, hehe. (untung kamar salah masuk teman satu kelas saya..heehe.

            Setelah tragedy salah kamar,  adegan berikutnya saya masuk ke ruangan belajar,hehe. Hari itu adalah hari yang luar biasa dan takkan terlupakan, (bukunya belum dibaca saja ternyata sudah memberikan pengalaman-pengalaman baru yang luar biasa..hehe), Niat hati ingin langsung memberitahukan melalui FB, namun Internet dalam keadaan tidak bersahabat karena adanya sanksi baru dari Amerika ke Russia Terkait dengan Ukraina.

            Sahabat Terbaikku..

            Apa Kabar Dirimu disana? Masih semangat dengan mimpi –mimpi yang sudah dirajut untuk segera dicapai? Semoga Allah selalu memberikan kemudahan… Amien ya rabb..

            Saya tidak tahu harus mengatakan apa tentang hadiah buku ini, ini adalah hadiah yang sangat luar biasa, dan tak ternilai harganya, namun sedikit kecewa tidak dapat tanda tangan penulisnya.eheh

            Kita terakhir bertemu ketika Ospek Fakultas Ekonomi 2013, betapa bahagianya setelah tidak bersua lebih kurang 1 tahun tidak ada sedikitpun perubahan sikap dari dirimu brother,, Sikap yang tenang(bahasa Kerincinya Cool), sifat yang bijaksana, rendah hati, selalu dirimu tanamkan didalam hati, itulah yang membuat dirimu berbeda dibandingkan dengan yang lain.

            Terkait dengan aktifitas saya disini brother, sangatlah berbeda dibandingkan saya berada di Indonesia. Setiap hari (kecuali Minggu) aktifitas dari jam 08:30 saya berangkat kuliah dan pulang pada jam 15:45 dan kadang-kadang bisa sampai jam 18:00. Saya tinggal disebuah kota yang berjulukan kota pelajarnya Russia yakni Tomsk. Banyak sekali mahasiswa disini,terutama mahasiswa asing, namun dari Indonesia hanya ada 6 orang brother, dan saya adalah satu-satunya anak Melayu Sumatera,hehhe,

            Saya disini harus belajar mati-matian brother, terutama untuk bahasa Russia, karena memang bahasa yang digunakan saat kuliah nanti adalah bahasa Russia bukan Bahasa Inggris, apalagi bahasa Indonesia.. itulah tantangan/Kesulitan yang sangat saya idam-idamkan brother kenapa saya harus kuliah ke Russia, sesuai dengan apa yang disampaikan salah satu orang terkaya di Dunia steve Job, “Kesulitan akan membawamu kepada sebuah kemudahan, jika mampu melewati kesulitan maka kamu akan menjadi orang luar biasa”. Dan saya yakin ini orang yang bernama Steve Job “mencontek” kata-kata dari Allah di Al-qur’an jauh sebelum ia mengatakannya ,heheh. Allah mengatakan di Al insyiraah 5-8 “ yang pada Intinya”Sungguhnya dibalik Kesulitan ada Kemudahan”.  Alhamdulillah sudah lebih dari 6 bulan saya berada di Kota Indah ini brother.. kesulitan-kesulitan yang saya temui, mulai dari berkomunikasi dengan orang Russia yang tidak mau menggunakan bahasa Inggris jika di Tanya, makanan, orang Russia yang cuek dan jarang senyum, serta sahabat-sahabat baru yang berbeda budaya dari seluruh Dunia.

            Brother..

            Tomsk adalah kota yang kecil dan lingkungan yang sangat mendukung untuk belajar, namun banyak sekali cobaan yang harus bisa kita lewati di Kota ini, salah satunya adalah bagaimana adegan “ciuman sepasang Manusia”  dijalanan menjadi makanan sehari-hari, cuaca yang dingin , kita karena berada di Siberia, suhu disini bisa mencapai -50 derajat ceclius brother, jadi banyak sekali orang-orang Russia yang suka Minum Vodka dan keturunannya,  tinggalnya pelajar laki-laki dan wanita satu kamar diasrama saya dll.. oh ya satu lagi brother,, tentang puasa disini bisa dari jam 06 :00 pagi sampai jam 22:00 brother,, kebayang tidak.. betapa Allah benar-benar luar biasa menguji saudara-saudara kita di Russia ini..

            Namun dibalik itu semua brother, Orang Russia jika kita sudah kenal dengan baik, seumur hidup mereka bahkan sampai kepada keluarga mereka akan menjadi sahabat kita, ini benar-benar seorang sahabat.Mereka tidak akan pernah menghianati sahabatnya sendiri dalam kondisi apapun, rela membela sahabatnya walaupun itu harus mempertaruhkan nyawa mereka, jiwa patriot, sosial mereka memang luar biasa brother.

            Mengenai jalan disini brother, pengguna mobil (motor jarang disini karena dingin),  mereka sangatlah menghormati pejalan kaki, Jika kita lewat di zebra cross khusus untuk pejalan kaki, sekencang apapun mobil disana tidak akan pernah menabrak pejalan kaki, nyawa terjamin,,heheh, jika di Indonesia..hmm, saya bingung brother, semoga berubah…heheh. Disetiap sudut lampu merah pasti ada sebuah tombol untuk memanggil Polisi, cukup dengan di pencet, hanya dalam waktu 5 menit, polisi itu akan datang di lokasi tersebut. Menarik  Bukan?

            Saya juga tidak perlu repot-repot isi pulsa , tiket pesawat dll. cukup masukkan uang kemesin,isi nomor maka pulsa sudah terisi, dan saya khawatir jika ini diterapkan di Indonesia,  akan terjadi  bangkrut besar-besaran untuk penjual pulsa..heheh

            Sebenarnya. Banyak sekali hal yang menarik disini brother, insya allah akan saya ceritakan jika antum sudah berada disini,,heehhe..

            Brother…

            Jambi itu juga sangat indah… Jambi itu “ngangenin”luar biasa, banyak hal yang dilewati dengan penuh semangat, keringat , air mata, dan MIMPI, Jambi memberikan suatu hal yang tentunya takkan pernah ada duanya..disana dimulai lahirnya kita sampai merajut satu persatu impian, keinginan, dan semuanya untuk meraih sebuah “KEBAHAGIAAN”.

            Saya menyelesaikan membaca buku nya hanya dalam satu malam brother, dan sudah dua malam bukunya saya jadikan bantal guling saya untuk tidur..hehe..  satu persatu kata saya resapi, sungguh ini buku yang luar biasa, Bagaimana buku ini dengan sangat bijaksana dan ngelantur namun memberikan solusi, jika diterapkan maka itu akan benar-benar terjadi.

            Salah satu yang tertulis dibuku ini, adalah bagaimana Luar biasanya Allah merencanakan sesuatu untuk kita jika kita minta kepadanya, PASTI..dan PASTI… di BALAS bahkan ADA BONUS dari Allah..
        
    Brother..

            Hal ini saya coba lakukan untuk mencoret satu persatu mimpi saya sebelumnya brother.. Masih ingatkah brother,, bagaimana semangatnya saya untuk mengikuti Seleksi pertukaran pelajar Internasional oleh kementrian Pemuda dan olah raga pada waktu itu, yang mana saya GUGUR pada babak pertama?hehe,,  ada satu rahasia pada waktu itu yang tidak saya ceritakan pada dirimu brother…. Maka pada kesempatan kali ini saya sengaja meliburkan diri (hari kebetulan ada acara jalan-jalan kemuseum diakhir masa libur ) membalas surat sahabat terbaik saya ,.

            Dulu disaat kita mengikuti seleksi beasiswa  pertukara pelajar dari kementrian Pemuda dan Olah raga masih ingat tidak pertanyaan khas saya ketika saya sudah selesai memasuki tahap menjelaskan “writing” kita dihadapan para juri pada waktu itu?, jika sudah lupa saya ingatkan kembali brother”,. Heh.. “ brother,, dengar gak apa yang saya bicarakan ketika berada di ruangan tersebut bersama juri”? dengan luguunya dirimu menjawab , tidak mendengar,, heh,, saya betapa leganya ketika itu,, karena memang malu sama orang –orang  yang berada di luar ruangan jika mendengar pembicaraan yang merubah hidup saya tersebut, karena memang ada banyak orang diluar, peserta dan juga beberapa staf dari dinas kepemudaan dan olah raga yang kebetulan tahu dengan saya seorang Presenter stasiun televisi waktu itu,, jika mendengar hancur sudah sudah  reputasi saya ketika itu..hehe..

            Pembicaraan di ruangan  kecil di sebuah dinas di kota jambi itu takkan pernah saya lupakan sampai saat ini yang menambah semangat saya untuk mengejar mimpi saya.. ketika itu brother .. diruangan itu, saya  di bentak oleh jurinya, tepatnya sinis gitu bahasa gaulnya,, melihat kualitas saya ,, salah satu perkataan indah tersebut adalah” anda tak pantas berada disini, beasiswa ini hanya untuk orang-orang yang berkualitas, maaf anda tak masuk kategori, bagaimana bisa anda bertahan hidup disana jika anda tak mampu berbahasa Inggris?”.. saya senyum simpul ketika itu,, saya mencoba menjelaskna semampu saya, namun tetap juri bertahan.. saya menghargai keputusan dewan juri, dan saya mengakui waktu itu memang saya BELUM MEMANTASKAN diri untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Maka dengan menahan sesak didada, saya ucapakan kata terakhir saya kepada juri tersebut “ beri waktu saya  1 tahun untuk membuktikan bahwa saya pantas untuk ke luar negeri, bahkan KULIAH DISANA”. Saya keluar dari ruangan tersebut dan berusaha untuk bersikap tenang, padahal didalam hati, sangat bergejolak brother,, ,heheh.. saya berdo’a ketika itu dirimu berangkat, dan mendapatkan beasiswa Tersebut, dan bangganya saya,, seleksi-demi seleksi dirimu berhasil  dan mendapatkan beasiswa tersebut sebagai salah satu mahasiswa pertukaran pelajar ke Australia,, Terus terang juga ada rasa cemburu waktu itu brother,, namun saya karena sudah bertekat, dan berjanji, dan mempunyai list mimpi untuk kuliah keluar negeri, saya memutuskan Fokus belajar bahasa Inggris, berhenti bekerja. Dengan kesungguhan dan  YAKINN, YAKINNN, SEYAKINnya. Saya berhasil membuktikan kepada dewan juri tersebut atas pertolongan Allah, bahkan kurang dari satu tahun, hanya 5 bulan Allah membayar  TUNAI beserta bonusnya, saya berhasil mendapatkan tiga beasiswa ke luar negeri, Malaysia, Brunei, dan Russia, dan pada akhirnya saya memutuskan untuk kuliah ke Russia mengingat saya mempunyai list mimpi untuk mampu  berbicara 6 bahasa Resmi PBB ( china,Russia,Inggris,Arab,Spanyol,dan prancis).  Bagaimana saya bisa seperti itu? Tentulah ..  buku “ajaib” ini lah jawabannya,

            Brother..

            Lebih kurang 4 tahun kita bersama, saya sangat mengagumi mu, bagaimana caramu bersikap, tak pernah saya melihat sedikit pun dirimu mengeluarkan kata-kata yang tidak penting, padahal anak marketing harus banyak ngomong,,heheh.. yang tidak pernah saya lupakan adalah, bagaimana dirimu menyampaikan sesuatu itu adalah dengan berbuat secara langsung, Sungguh saya tahu dan tertarik shalat dhuha ,  setiap waktu adalah ketika saya melihat dirimu pagi-pagi sholat di masjid di Fakultas Ekonomi, betapa bahagianya dirimu ketika selesai melaksanakan dhuha tersebut,, maka mulai dari itulah saya mencoba membiasakan sholat dhuha,,

            Saya masih ingat betul dirimu mengatakan akan menjadi orang yang berbeda dibandingkan dengan yang lain,saat ini dirimu telah membuktikanya brother, dengan buku ini, tindakanmu selama ini,, Sungguh sekali lagi saya bangga bisa mengenal dirimu,, dirimu menyampaikan, bersikap seolah-olah seperti rasulullah kalau diam cool, kalau ngomong Keren, kalau diam di Tunggu, kalau berbicara didengarin,

            Brother,,,

            Rumah makan nasi Aura itu Enaknya luar biasa, enak dari kantong mahasiswa, enak lauknya, enak” Pemiliknya, dan sungguuhhhhhh,…… saya mencium aroma nasi aura dan dendengnya brother disini,,, hehe

            Terakhir dan bukan Surat terakhir,

            Betapa bahagianya seorang jika ia akan memulai hidup baru bersama seorang yang dicintai, bersama tulang rusuknya, Bercanda, bahagia, kesedihan, keberkahan Allah dinikmati bersama, , saya sekali lagi IRI dengan dirimu brother,, dirimu selalu melangkah lebih dulu dari saya ini..  Mendengar diri mu akan melepas masa Remaja,,hehe,, masa anak muda, namun pasti tetap muda, sahabat mu disini sangatlah senang,,terlebih saya mendapatkan photo dirimu dari sahabat kita yang satunya AAN melalui media Path, betapa ingin sekali saya menjadi bagian dari orang yang bahagia turut hadir di Indonesia brother, Namun insya Allah brother, do’a dari sahabatmu disini  berharap barakkah semuanya, berjalan lancar, dan menjadi keluarg yang utuh, dan selalu meenebar KEBAHAGIAAN. Saya titip salam untuk keluarga , dan tulung “rusukmu” brother ya…
            Semoga Allah berkenan mempertemukan kita kembali brother,, mempertemukan kita dalam semua kelimpahan kebahagiaan, ditempat yang istimewa, luar biasa,
Amien ya rabb,  amienn ya rabb. Amien ya rabb..

                                     Salam dari sahabatmu di Russia di suhu -3 derajat


                                                                 Emaridial Ulza

Fhoto diambil saat Pulang dari mengunjungi Fakultas Ekonomi karena sebentar lagi saya akan belajar di Fakultas Ekonomi di Universitas saya, saat ini saya sedang belajar di Fakultas Persiapan Bahasa Russia. disamping saya dan buku ajaib itu adalah Dekan Fakultas Komunikasi(tempat saya belajar bahasa sekarang) dan baju hitam ujung adalah Staff  dari Fakultas Komunikasi, lainnya teman-teman saya dari  China 




nah Salju tinggal dikit brother,, tuh keliatan kan?hehe.. kita sudah memasuki musim berikutnya,



“saya bukanlah siapa-siapa, yang saya punya hanya mimpi, jika saya tidak memperjuangkanya, lalu apa yang yang saya punya”

“Banyak Pemimpi yang awalnya ditertawakan sampai dibilang gila. Semua akhirnya bungkam setelah melihat mimpi mereka jadi kenyataan“ 


            

2 Komentar

  1. Alhmdulillah, akhir'y nyampe jg y brother :D
    Bahagia sekali rasanya...Moga bisa menemani tiap langkah semangatmu menjemput impian d'sna ya ;)
    Smoga berkah & memberikan manfaat yg sbnyak2'y y brother :)
    Msh kangen pengen cerita2 lg dg dirimu ne...tpi ntar kepenuhan klo posting di kolom komentar ne, hehe.
    InsyaAllah ntar ane email y ;)
    BANGGA slalu dg dirimu brother..
    "Bersemangatlah Engkau meraih apa2 yg bermanfaat bagimu, & mohonlah pertolongan Allah. Serta jangan Engkau berputus asa"

    BalasHapus
  2. Alhmdulillah...
    Smoga bisa menemani langkah smangat menjemput impian d'sna y brother ;)
    Mdh2an berkah & memberikan manfaat sbnyak2'y y...
    Sbnar'y msh pengen crita2 dg dirimu, tpi klo ane posting di kolom komentar ntar kepenuhan :P hehe.
    BANGGA dengan SEMANGATMU brother..
    "Bersemangatlah Engkau meraih apa2 yg bermanfaat bgimu, & mohonlah pertolongan Allah. Serta jgn berputus asa" (Inspirator Kebahagiaan Sejati, Rasulullah SAW)

    BalasHapus

Brand creation, trend analysis & style consulting

Memiliki ketertarikan penelitian pada Operations Management, Integrated Marketing Communications, Strategic Management, Philanthropy, Social Entrepreneurship and Neuromarketing