Paper saya dalam bahasa Russia dipublikasikan di http://iupr.ru salah satu tempat publikasi jurnal russia yang terdaftar di Centre International de l'ISSN: 2225-1545 ISSN Современные технологии управления организацией №4(13) 2014г.
Dalam paper tersebut saya membahas tentang The virus of marketing . Fokus saya dalam paper ini adalah pengaruh terhadap penggunaan sistem pemasaran yang tidak pernah usang dimakan zaman . :).. tiada lain tiada bukan yakni Word Of Mouth Marketing . para pecinta ilmu pemasaran pasti paham betul metode dari pemasaran ini yang tidak bisa dipungkiri sistem pemasaran dari mulut ke mulut menjadi sistem pemasaran terbaik untuk menarik pembeli dalam melakukan pembelian, saya menemukan beberapa hal menarik dalam penelitian saya jika Word Of Mouth Marketing ini bersinergi dengan komunitas baik itu online maupun offline. saya senang sekali setelah saya mensinergikan metode pemasaran dari mulut ke mulut ini dengan komunitas online dan offline dan diterapkan di beberapa perusahaan , dalam satu bulan perusahaan tersebut mengalami peningkatan omset dari sebelumnya, dan insha allah hasil dari "sinergi" pemasaran mulut ke mulut ini dengan komunitas baik online maupun offline bisa diterapkan dalam hal apapun terutama untuk usaha kecil menengah (UKM)
Salah satu contoh yang saya utarakan di paper saya ini adalah fenomena Gangnam Style. single K-pop tahun 2012 yang dinyanyikan oleh Psy.
Gangnam Style secara umum mendapat pujian oleh para kritikus karena
ritme dan tariannya yang unik dan menarik. Lagu ini pertama kali dirilis
pada tanggal 15 Juli 2012, dan langsung memuncaki tangga lagu Korea Selatan, Gaon Chart. salah satu indiikator keberhasilan popularitas lagu ini adalah peranan situs berbagi Video Youtube. video yang di unggah 15 juli 2012 telah di lihat lebih dari 800 juta orang ( melebihi penduduk Indonesia..hehhe ) . lebih menakjubkan lagi adalah angka penonton 800 juta diperoleh hanya dalam waktu singkat lebih kurang 4 bulan dan membuat The los angeles Times menobatkan tarian ala korea ini adalah salah satu video terhebat yang pernah di unggah ke Youtube. sejarah yang luar biasa dalam dunia marketing di era modern ini.
![]() |
"Tarian fonomenal yang membuat dunia musik Amerika berguncang" Photo: gigamir.net |
apa yang membuat orang-orang tertarik untuk menonton video ini? setelah saya melakuan penyeludupan,hehe terbongkar sudah, tanpa disadari oleh Psy ternyata metode pemasarannya sangatlah usang, "mulut ke mulut", namun di sinergikan dengan menggaet komunitas, dan juga menggunakan teknologi (lebih jelas saya membuatkan rumus dipaper saya). hasilnya WAW.
teman -teman bisa download paper saya dalam bahasa Russia :
Download : The Virus of Marketing
Russia , 22 Januari 2015
Emaridial Ulza
0 Komentar