Beasiswa dari Pemerintah Beijing

Ilustrasi: Reuters.
Ilustrasi: Reuters.


Durasi beasiswa untuk jenjang S-1 adalah empat hingga lima tahun, beasiswa jenjang S-2 akan diberikan selama dua hingga tiga tahun dan beasiswa S-3 selama tiga tahun. Pemerintah Beijing tidak membatasi bidang studi yang dapat diambil para pelamar beasiswa. 


Pelamar haruslah bukan warga negara China. Usia maksimal untuk S-1 adalah 30 tahun, 35 tahun untuk S-2 dan 40 tahun untuk S-3.


Pelamar untuk studi lanjutan harus memiliki gelar sarjana atau berada di tingkat dua perguruan tinggi dan berusia di bawah 50 tahun. Pelamar untuk studi bahasa harus memiliki ijazah SMA dan berusia maksimal 60 tahun. Sedangkan kandidat beasiswa tamu di Beijing harus memiliki gelar Master atau menjadi asisten dosen dan berusia di bawah 50 tahun. 


Persyaratan kemampuan berbahasa tergantung persyaratan masing-masing program akademik dan ditentukan tiap kampus. Perlu diingat, pelamar yang telah menerima beasiswa dari donor lain tidak diperbolehkan mendaftar program Beijing Municipal Government Scholarship for International Students ini. 


Fasilitas yang akan diterima scholars diklasifikasikan dalam lima tipe: 
1. 40 ribu RMB per tahun untuk jenjang Doktoral 
2. 30 ribu RMB per tahun untuk jenjang Masters 
3. 20 ribu RMB per tahun untuk jenjang Sarjana 
4. 10 ribu RMB per tahun untuk pelatihan senior atau program bahasa jangka panjang
5. 5.000 RMB per tahun untuk mahasiswa pertukaran atau mahasiswa dengan kontribusi khusus dalam bidang pendidikan internasional di Beijing. 



Berkas pendaftaran harus dikirimkan ke pemerintah China melalui kantor yang relevan dengan urusan pelajar internasional. Pelamar dapat melakukan registrasi via website Beijing Education Commission atau menyerahkan dokumen lamaran langsung ke institusi China di Beijing. 


Pelamar harus memastikan bahwa semua berkas lamaran sudah diserahkan ke perguruan tinggi idaman sebelum Februari. Dokumen dalam bahasa Inggris atau China yang harus disiapkan: 


1. Formulir pendaftaran untuk Beijing Municipal Government Scholarship. Formulir bisa didapatkan dari institusi di Beijing atau diunduh dari website perguruan tinggi; 
2. Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisasi oleh notaris; 
3. Fotokopi formulir pernyataan kesehatan untuk warga asing yang dikeluarkan oleh orotitas karantina China. Formulir ini harus dilampirkan oleh mereka yang akan menempuh studi di China minimal enam bulan atau lebih; 
4. Pelamar untuk jenjang pascasarjana atau spesialisasi riset harus menyertakan rencana studi (maksimal 400 kata) atau rencana riset (tidak lebih dari 800 kata); 
5. Pelamar untuk studi seni murni dan musik harus melampirkan contoh hasil karya; 
6. Pelamar berusia di bawah 18 tahun harus melampirkan dokumen keterangan wali di China; 



Pelamar beasiswa dapat memilih institusi pendidikan tinggi yang ingin dimasukinya. Silakan cek laman masing-masing institusi untuk informasi lengkapnya. Sementara untuk informasi beasiswa ini selengkapnya dapat disimak di laman Pemerintah Beijing.

0 Komentar

Brand creation, trend analysis & style consulting

Memiliki ketertarikan penelitian pada Operations Management, Integrated Marketing Communications, Strategic Management, Philanthropy, Social Entrepreneurship and Neuromarketing