Persiapan Beasiswa Russia


Persiapan Beasiswa Russia

Di Minggu tanggal 18 januari 2014 ini saya ingin membagikan pengalaman kepada sahabat semua tentang beasiswa Russia ini, mengingat banyaknya sahabat-sahabat semua yang menanyakan tentang beasiswa ini, maka saya akan menuliskan pengalaman /persiapan saat saya mengikuti beasiswa Russia pada tahun 2013 yang  lalu.

     Saya mendapat Informasi dari Pusat Kebudayaan Russia bahwa beasiswa Russia 2014-2015  sudah di buka  pada bulan Januari ini sampai Maret nanti.  Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi  idn.rs.gov.ru  atau diblognya salah satu mahasiswa Indonesia – Russia lainnya disini

            Saya tidak akan menjelaskan tentang persyaratan-persyaratan beasiswa Russia ini satu persatu, karena sudah banyak sekali blog-blog dari teman-teman seperjuangan mahasiswa Indonesia –Russia sudah membahas tentang ini, sahabat bisa langsung mencari di Google. Mengenai persiapan beasiswa Russia ini perlu saya tanyakan dari lubuk hati yang paling dalam.heheh. apakah sudah siap? Mantap hati/yakin?, Mengingat Hidup di Russia itu tidak sama dengan hidup di Negara Eropa barat, Jangan Pernah kita membayangkan seperti itu, Jangan sampai sudah sampai di Russia kita kembali lagi ke Indonesia karena tidak tahan dengan keras hidupnya Russia. Kejadian ini sudah pernah terjadi pada tahun sebelum-sebelumnya, banyak penerima beasiswa Russia menyerah sebelum bertanding, tentu ini sangatlah tidak baik untuk masa depan Beasiswa Ini akan terjadi pengurangan kouta dll,

            Sebagai gambaran. Mahasiswa Russia berdasarkan Kedutaan Besar Russia –Indonesia  berjumlah lebih kurang 160 orang, jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mahasiswa dari Negara lainnya yang menuntut ilmu di Russia yang mencapai Ribuan Orang, sebagai perbandingan Negara serumpun yakni Malaysia yang mencapai ribuan orang, Amerika Serikat , Vietnam, China, dll. melihat Negara –negara seperti Amerika saja yang terkenal dengan kampus-kampus besar mereka, mengirimkan mahasiswa nya untuk belajar di Russia, Kenapa Indonesia tidak melakukan itu? (artikel nya  Disini)

            Saya sebelum berangkat ke Russia pada bulan Oktober  2013 sudah memikirkan matang –matang mencari Informasi tentang Russia ini, saya tidak ingin meyerah sebelum bertanding seperti para pendahulu sebelumnya, pada tahun 2013 saya mendapatkan 3 tawaran beasiswa, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Russia,dan pada akhirnya saya memilih Russia setelah  melakukan istikarah mantapkan hati untuk kuliah ke Russia , walaupun beasiswa Russia membebankan banyak biaya sendiri dibandingkan dengan beasiswa Lainnya. Ada factor X yang membuat saya memilih belaja di Russia ini.(lebih lengkap pada Tulisan berikutnya)

            Saya menyiapkan segala persyaratan beasiswa Russia ini ketika saya masih berada di Surabaya ,setelah melakukan persemedian selama lebih kurang 6 bulan di Kampung Inggris Pare Kediri, saya menyiapkan diri untuk bertempur mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri dikampung penuh kenangan tersebut, Apa saja yang harus di persiapkan secara Umum untuk beasiswa Russia ini, saya akan coba urutkan satu persatu:

1.      Mantapkan Hati,  Niat atau memantapkan hati adalah sebuah keharusan dari semua hal yang akan kita lakukan, jika tidak disertai dengan niat yang mantap,maka hasil yang akan didapatkan pun tidak akan pernah tercapai secara maksimal.Saya memantapkan hati kuliah ke luar negeri setelah menyelesaikan Wisuda saya pada akhir 2012.Walaupun pada saat itu saya sama sekali TIDAK BISA BAHASA INGGRIS, Dengan sudah memantapkan diri tersebut saya rela mengorbankan apa saja untuk mencapai tujuan saya ini, salah satunya adalah mengorbankan pekerjaan saya sebagai News Anchor disalah satu televisi Lokal di Jambi dan News Caster disalah satu Televisi Nasional  (hanya 1 bulan  saya bekerja disana) Walaupun pada waktu itu banyak yang menyayangkan keputusan saya,bahkan ada yang mengatakan mimpi kuliah keluar negeri dll, namun karena sudah memantapkan hati saya maju terus pantang mundur. saya memutuskan memperdalam bahasa Inggris saya dan beberapa bahasa Lainnya .

2.      Siapkan Paspor. Ini adalah awal dari sebuah persyaratan yang namanya seseorang yang akan meninggalkan negaranya menuju Negara lainnya, tanpa paspor kita tidak akan bisa masuk ke Negara tujuan untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri tersebut.Prof Rhenald kasali mengatakan bahwa "paspor itu akan menjadi teman penolong kamu nantinya jika kamu di luar negeri" .Saya menyiapkan ini ketika saya sudah menyelesaikan persemedian saya di Kampung Inggris, saya membuat di kantor Imigrasi Surabaya, padahal waktu itu belum tahu akan melamar beasiswa apa.


3.      Siapkan Dokumen Lainnya. Disini karena kita membahas beasiswa Russia , maka  yang perlu disiapkan pertama setelah passport adalah:

·         Ijazah. Kita harus menyiapkan ini jauh sebelumnya (kalau bisa sebelum pengumuman penerimaan beasiswanya) informasi persyaratan beasiswa Russia bisa dilihat persyaratan beasiswa Russia Sebelumnya yang pada umumnya sama. Ijazah kita harus di terjemahkan ke bahasa Inggris, terjemahan tersebut bisa kita dapatkan di Universitas, atau Penerjemah Resmi (tersumpah).

·         Surat Keterangan Kesehatan, Surat Keterangan kesehatan Ini saya buat ketika saya berada Di Jakarta yakni di Rumah sakit Syarif Hidayatullah. Waktu itu saya Cek kesehatan biasa Hepatitis dan HIV/AIDS .

·           Akta Kelahiran. Sama dengan ijazah , kita harus menyiapkan dalam bentuk Terjemahan bahasa Inggris dicap oleh penerjemah Tersumpah.

·         TOEFL (TIDAK WAJIB). Walaupun melampirkan TOEFL tidak wajib, saya karena sudah menyiapkan jauh-jauh hari dan sudah mengikuti Ujian TOEFL IBT dijakarta, maka saya lampirkan  hasil tersebut sebagai bahan pertimbangan dari Pusat Kebudayaan Russia Walaupun nanti kita di Russia akan belajar menggunakan bahasa Russia, kita setidaknya harus bisa berbahasa Inggris , karena pengalaman saya di kelas persiapan bahasa Russia, jika mahasiswa memang sudah tidak mengerti jika dosen mnggunakan bahasa Russia, maka Dosen akan mencoba menjelaskan menggunakan bahasa Inggris,

Itulah yang saya rasa harus kita persiapkan jauh sebelumnya Untuk kuliah Di Russia.

Persiapan Wawancara Beasiswa Russia

            Hari  demi Hari menunggu melewati waktu di kota yang penuh hiruk Pikuk, saya mendapat panggilan Wawancara Beasiswa Russia, kalah tidak salah sekitar Bulan Maret. Dengan penuh semangat saya mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara Beasiswa Russia ini, diantaranya:

1.      Menyiapkan Dokumen Penting. Dokumen Penting yang saya maksudkan disini adalah, dokumen sebagai penunjang kita untuk berhadapan dengan pewawancara, pada waktu itu saya menyiapkan tulisan-tulisan saya yang pernah di muat di Koran, Video rekaman saya ketika menjadi News Anchor dan News Caster, Fhoto-Fhoto Kegiatan Sosial dan Fhoto kampung halaman saya. Hal ini saya bawa bermaksud menjadi pembeda dengan semua peserta lainnya.

2.      Mencari Informasi Perkiraan Pertanyaan Beasiswa. Saya mencari Informasi pertanyaan-pertanyaan yang diperkirakan akan ditanyakan, saya mendapatkan disalah satu blog dosen Universitas Gajah Mada yang  mendapat beasiswa ADS Australia . Semua pertanyaan tersebut saya catat, dan ulang, lalu saya praktekan dengan bertanya sendiri dan menjawab sendiri

Perkiraan Pertanyaan Beasiswa Russia:

Saya akan mencoba merangkum apa pertanyaan yang ditanyakan oleh Direktur Pusat Kebudayaan Russia saat mewawancarai Saya:

1.    Seperti biasa, kita akan diminta memperkenalkan diri.
2.    bagaimana menurut mu tentang Russia? atau jelaskan apa yang kamu tahu tentang   Russia
3.    Kenapa kamu memilih Kuliah di Russia?
4.  Cuaca di Russia sangatlah dingin, bagaimana kamu mengatasi bertahan hidup   disana
5. Kenapa kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri dan   meninggalkan Pekerjaan anda (saya sedang bekerja pada waktu itu)
6.    Bagaimana Pendapatmu tentang hubungan Russia dan Indonesia Saat ini
7. Beasiswa Russia tidak seperti beasiswa lainnya, apakah kamu sudah siap?bagaimana kamu mengatasinya?terutama nanti kamu ditempatkan di Moscow?
8.   Apa peran jurusan yang akan kamu ambil nanti  untuk Indonesia dan Russia?
9.   Apa Rencana kamu  25 tahun mendatang ?

 Itulah beberapa pertanyaan dari Direktur Pusat kebudayaan Russia kepada saya, tidak terlalu lama hanya 15 menit, tapi ingat, wawancara ini menentukan nasib bahan kita dikirim ke Russia untuk diseleksi di Kementrian Pendidikan Russia..

Insya Allah kita bisa, kita mampu, hal yang paling penting saya sarankan adalah,, jangan lupa minta do’a kepada Orang Tua, terutama ibu dan Sedekah,.. Insya Allah , Semua keingingan kita akan mudah tercapai,,

"Banyak Sekali orang-orang yang bermimpi ingin Kuliah Ke Luar Negeri, Namun Sedikit sekali orang-orang yang Ingin Mewujudkan Mimpi Tersebut, Jangan hanya Bermimpi, tapi Buktikan, Berdo'a, Bermimpi, Lakukan saja" (Emaridial Ulza)



Selamat Berjuang… Di tunggu Di Russia.
(tulisan ini bersambung nantinya tentang persiapan Keberangkatan ke Russia)

Russia, 18 Januari 2014 dibawah suhu -9 Derajat celcius




 Emaridial Ulza

5 Komentar

  1. keren,,, terima kasih mas atas infonya yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  2. makasih kaka infonya :) Timing nya pas banget, kebetulan aku juga bentar lagi ada interview hehe
    Kalau boleh tau, challenge yang paling berat pas proses waancaranya apa ya, ka? Terimakasih..

    BalasHapus
  3. Kaka, ada tips tips lain buat wawancaranya enggak? Terus kalo boleh tau, yang paling challenging pas wawwancaranya apa ya, ka? Makasih

    BalasHapus
  4. Kaka, ada tips lain buat wawancaranya enggak, ka? Terus kalo boleh tau, yang paling challenging pas wawancaranya itu apa ya, ka? Makasih

    BalasHapus
  5. Kak wawancaranya pakai bahasa apa?

    BalasHapus

Brand creation, trend analysis & style consulting

Memiliki ketertarikan penelitian pada Operations Management, Integrated Marketing Communications, Strategic Management, Philanthropy, Social Entrepreneurship and Neuromarketing